Saturday, January 7, 2017

Jurusan, Kampus, dan Masa Depan

Selamat malam semua.
Jadi, saya sedang gundah gulana.
Tahun ini, ah tidak, beberapa bulan lagi, insyaallah saya akan lulus dari SMA. Dan (harus) siap untuk bersaing di kejamnya dunia luar.
Saya tahu apa yang jurusan yang akan saya pilih nantinya untuk melanjutkan studi ini; psikologi; dengan beberapa pilihan lain seperti; ilmu komunikasi (broadcast), pendidikan sejarah atau juga ilmu ekonomi.
Yang saya utamakan adalah yang berwaarna biru kehijauan.
Saya anak perempuan satu-satunya. Saya ingin kuliah diluar kota. Mungkin karenanya, orangtua saya memperbolehkan saya untuk kuliah maksimal di DIY Yogyakarta, yang notabenenya bukan di Jawa Tengah namun tetap dekat.
Atas dasar itu, saya mulai mencari daftar Univ-Prodi-Passingrade-Peluang-Alumni.
Jika dilihat dari prodi yang saya inginkan, UGM adalah pilihan yang sesuai sekaligus kampus idaman saya sejak lama dan ratusan ribu peminatnya.
Ada lagi UNYyang terkenal dengan pencetak pendidik yang berkualitas, dan lainnya.
Namun saya memikirkan nasib SNMPTN jika saya idealis dan tetap kekeuh memilih UGM, saya ragu, kemungkinan diterimanya mungkin sangaaaaaat kecil. Saya tahu itu. Alumni dari sekolah saya juga tidak banyak, bisa terhitung oleh jari. Selain itu, saya pesimis dengan nilai saya, memang naik tiap semester,  semester 3-4-5 itu yang bagus dan benar-benar niat belajar, sedangkan pada waktu kelas 10, jujur, saya masih sulit beradaptasi sehingga nilai saya tidak terlalu bagus. Bahkan, nilai 75 nangkring di pelajaran Matematika. Ya, realistis jika saya akan gagal. Sedangkan pesaing saya adalah orang-orang nomer satu di sekolahnya dengan otak yang wah, dan pastinya adalah yang pantas.
Huft, itu adalah pikiran realistis-pesimis saya,
Jikalau saya lolos SNM dengan pilihan UGM, itu adalah sebuah keberuntungan.
Ah, ada satu universitas negeri yang favorit kok di kota saya. UNSOED.
Yah tapi... disana belum ada psikologi dan memang ada ilmu komunikasi namun dalam penyabangannya lagi tidak ada penyiaran.
Jika saya memilih UNSOED, yang saya ambil adalah Ilmu Ekonomi atau Akuntansinya. Atau.. Bahasa.
DILEMA.
Ini adalah berbagai pikiran yang menghantui saya.
Setiap saya konsultasi, pikiran idealis saya selalu dihancurkan dengan argumen bahwa.. kamu harus realistis, persaingan ketat, kamu harus pikirin setelah lulus kamu mau kerja apa.
Saya idealis.
Karena disitulah passion saya.
Di sisi lain, saya mulai lemah.
Apakah pilihan-pilihan itu akan saya ambil melalui jalur tes (SBMPTN dan UM) ?
Serta untuk SNMPTN saya cari amannya?
Untuk plan C, saya akan ambil Sekolah Tinggi Ikatan Dinas.
Doakan saya, semoga tidak salah jurusan! Sebelum itu, doakan saya lolos SNM atau SBM atau UM.
Thx Readers.
Apakah ada yang sedang galau juga?
):
):
:'(
;(
T_______T
Ya RABB.....

Categories: , , , , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Imajiner Avicenna | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑